anik hermawati

Nama saya Anik Hermawati, saya anak pertama dari lima bersaudara terlahir di kota probolinggo pada tanggal 3 Februari 1983 dari pasangan Bapak Suhar dan Ibu Asi...

Selengkapnya

JIKA KAMU TIDAK MAU MALU MAKA BERHATI HATILAH DALAM BERSIKAP.

Banyak hal yang perlu kita semua pelajari terutama sebagai orang tua dalam menerapkan pendidikan karakter di dalam keluarga yang pada dasarnya ingin menjadikan putra putri kita menjadi sosok yang luar biasa dengan memiliki perangai yang sopan, santun, menyenangkan dan menjadi kebanggaan orang tua.

Sebenarnya kedudukan kita sebagai orang tua adalah menjadi rekan yang luar biasa bagi putra putri kita dalam mendampingi mereka untuk bisa melewati masa perkembangannya tanpa harus menjadi sosok yang ditakuti dengan ketegasannya dalam mengarahkan anaknya, bukan menjadi sosok yang harus disegani karena mereka adalah orang tua yang melahirkan dan menghidupi anak anaknya.

Tapi lebih pada menjadi orang tua yang mampu menjadi tempat bagi anak untuk selalu dekat dengan mereka dalam berbagai keadaan baik saat mereka mendapatkan penghargaan dan pujian saat mereka meraih keberhasilan, bahkan saat mereka berada dalan kondisi terburuk sekalipun.

Setiap tindak tanduk kita sebagi orang tua adalah model yang sungguh luar biasa membawa pengaruh bagi pembentukan karakter anak. Saat orang tua memberikan teladan sikap yang santun, sopan, ramah, menyenangkan, humoris, sabar, adil pastilah sikap sikap positif seperti ini akan di teladani oleh anak- anaknya dan begitu pula sebaliknya.

Saat kita selalu memberikan bimbingan dan arahan bagi putra putri kita dengan kata " Jika Kamu Tidak Mau Malu Maka Berhati Hatilah Dalam Bertindak" sebenarnya kata kata ini kita tujukan dulu pada diri kita sebagai oranga tua karena kita adalah guru terbaik bagi putra putri kita untuk terbentuknya karakter yang positif dalam sikap mereka.

Sebagai orang tua kita harus memiliki lampu pengingat seperti traficlight saat mau berucap harus yang baik, bersikap yang mampu diteladani dan selalu berhati hati dalam berbagai situasi membawa diri di depan anak anak. Anak -anak kita adalah anak anak yang sangat cerdas dalam mewarnai dirinya dengan bekal bimbingan dari orang tua. Mereka tidak akan mudah terbawa arus negatif saat mereka sudah siap dengan bekal yang mereka dapat dari bimbingan orang tua. Dengan sendirinya pendewasaan dalam diri mereka akan menjadi benteng bagi pengaruh negatif dari lingkungannya. Kesiapan mereka terbentuk dengan alami atas dasar kesadaran diri bahwa hal yang tidak baik harus kita tinggalkan dan begitu sebaliknya.

Jangan kenal Lelah selalu menjalin komunikasi yang penuh kasih sayang, penuh perhatian, penuh ketulusan terhadap buah hati kita, jangan memberikan batasan buat mereka yang sulit mereka jangkau. Jadilah guling yang selalu bisa mereka peluk dan jadilah bantal yang melindungi kepala mereka saat tidur. Tidak terbatas dalam suatu keadaan apapun kita harus bisa jadi malaikat buat mengarahkan perilaku mereka. Jika mereka salah jadilah pelindung bukan jadi orang yang ikut memarahi, pelindung bukan yang membela kesalahan tapi lebih bisa menerima saat mereka salah dan mengarahkan kesalahan. Dengan demikian mereka akan sadar bahwasanya saat mereka tau bahwa dalam hidup itu harus selalu bisa memilih mana yang harus dilakukan dan mana yang harus ditingggalkan sehingga kehidupan yang mereka jalani akan selalu terarah dan tidak akan menimbulkan masalah. Jika kita ingin dihargai maka hati hati dalam bersikap dan berucap dan saat kita ceroboh dan terlena dalam kesenagan semu maka kita harus siap malu.

Jadi buat orang tua semangat selalu ya untuk jadi yang terhebat bagi putra putrinya jangan segan menjadi super hero buat mereka dalam nepaki kehidupannya karena hanya kalian penyelamat mereka jangan kenal lelah raih mereka dengan kasih sayangmu dan jangan lepaskan mereka karena kalian lelah.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali